Pemandangan Udara Jembatan Tol Antar Perbukitan di Indonesia, Cikubang, Cipularang Jakarta to Bandung, Jawa Barat, Indonesia, Asia

Semua yang Perlu Diketahui tentang Tol Cipularang, Sang Penghubung Bandung Jakarta

Para pelancong Bandung Jakarta pastinya sudah tidak asing dengan Tol Cipularang. Jalan tol Bandung Jakarta ini sudah menjadi salah satu jalan tol dengan volume kendaraan yang padat terutama di hari-hari besar atau liburan. Wisata travel Bandung Jakarta pun kian banyak digemari masyarakat. Dengan tol ini, kamu bisa dengan mudah berwisata di Jakarta ataupun di Bandung. 

Tol Cipularang sendiri merupakan kependekan dari Cikampek-Purwakarta-Padalarang. Melakukan perjalanan Bandung Jakarta via Cipularang atau sebaliknya, waktu perjalanan bisa menjadi cepat, yaitu 1 jam 30 menit jika perjalanan lancar dan jika volume kendaraan tidak terlalu padat. Tapi ingat, kamu masih harus bayar tarif tol!

Sejak pertama kali diresmikan, tarif Tol Cipularang sudah mengalami beberapa kali kenaikan. Berikut ini rincian tarif Tol Cipularang paling terkini: 

  • Tarif Tol Cipularang Golongan I = Rp42.500
  • Tarif Tol Cipularang Golongan II = Rp71.500
  • Tarif Tol Cipularang Golongan III = Rp 71.500
  • Tarif Tol Cipularang Golongan IV = Rp103.500
  • Tarif Tol Cipularang Golongan V = Rp103.500

Salah Satu Tol Terpanjang di Indonesia 

Tol Cipularang sebenarnya mempunyai sejarah yang cukup panjang sebelum akhirnya dibangun. Meskipun sudah mengantongi izin pembangunan, pada tahun 1991 nyatanya proyek Tol Cipularang tak kunjung terlaksana dan masih dihambat juga oleh krisis moneter pada tahun 1997-1998. Akhirnya, pada 2003 Tol Cipularang resmi dibangun sekaligus dalam rangka menyambut KTT Asia-Afrika oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.  

Tol dengan panjang 58,5 km ini merupakan jalan tol yang menjadi penghubung Bandung Purwakarta dan Purwakarta Jakarta. Tol ini juga berhasil menduduki peringkat kelima sebagai tol terpanjang setelah Tol Cipali (116,75 km), Tol Jakarta Merak (98 km), Tol Jakarta Cikampek (83 km), Tol JORR (64 km), dan Tol Jagorawi (59 km). Tol Cipularang juga masuk dalam daftar jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia karena menjadi penghubung Bandung dan Jakarta.

Karena dibangun di atas kontur tanah yang naik turun, berhati-hatilahi saat melakukan perjalanan Bandung Jakarta via Cipularang ya! Di KM 90 hingga KM 100 dari arah Jakarta terdapat tanjakan panjang, dan dari arah Bandung Purwakarta terdapat turunan panjang. Di titik ini biasanya rawan terjadi kecelakaan, maka kamu harus menjaga laju kendaraan. Pun di sepanjang Purwakarta Jakarta, kamu harus selalu berhati-hati.

Melayani Tempat Beristirahat Selama 24 Jam Nonstop

Yang memudahkan perjalanan Bandung Jakarta via Cipularang adalah banyaknya area peristirahatan atau rest area di sepanjang jalan. Tol Bandung Jakarta ini mempunyai 5 rest area yang tersebar di beberapa titik, seperti KM 72A (arah Bandung), dan KM 88A (arah Bandung), KM 97B (arah Jakarta), KM 88B (arah Jakarta), dan KM 72B (arah Jakarta). 

Di rest area KM 72A arah Bandung Purwakarta terdapat fasilitas yang lengkap, seperti SPBU, isi ulang nitrogen, dan tambal ban. Fasilitas lainnya adalah masjid, toilet, minimarket, ATM, dan food court. Rest area berikutnya adalah KM 88A sebagai tempat beristirahat yang terakhir selama kamu di perjalanan Bandung Jakarta via Cipularang. Rest area ini memiliki fasilitas yang sama seperti dengan rest area sebelumnya.

Saat perjalanan pulang dari Bandung ke Purwakarta Jakarta, kamu bisa memulai beristirahat pertama di rest area KM 97B. Rest area di sepanjang Tol Cipularang yang satu ini terdapat sebuah tempat ibadah bernama Masjid Al-Miraj yang dapat terlihat dari kejauhan. Lalu ada SPBU yang dilengkapi pengisian nitrogen dan tambal ban. Fasilitas lainnya adalah toilet gratis, taman, minimarket, dan food court. 

Selanjutnya di rest area KM 88B dalam perjalanan Bandung Jakarta via Cipularang, kamu akan menemukan fasilitas yang kurang lebih sama dengan rest area KM 97B. Yang berbeda, di sini kamu bisa beribadah di Masjid Al-Safar yang sangat populer dalam dunia travel Bandung Jakarta dan telah menjadi ikon dari rest area KM 88B. Ternyata masjid ini didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Bisa lho kamu mengabadikan momen selama travel Bandung Jakarta via Cipularang dengan menjepret selfie

Naik Travel Bandung Jakarta Lewat Tol Cipularang? Begini Caranya!

Jika kamu memilih untuk membawa kendaraan pribadi, maka jangan lupa untuk mempersiapkan pembayaran tarif Tol Cipularang sendiri. Namun jika kamu memutuskan untuk naik transportasi umum, ada banyak pilihan transportasi darat lainnya, seperti shuttle atau bus.

Inilah operator travel Bandung Jakarta yang bisa dipilih: Daytrans, Lintas Shuttle, atau Cititrans. Sementara itu, pilihan busnya adalah MGI, Primajasa, atau Sinar Jaya. Semua operator layanan transportasi ini bakal mengajakmu berjalan-jalan dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya via tol Bandung Jakarta.

Yang pasti, naik bus atau travel Bandung Jakarta via Cipularang, pastikan kamu tetap mengikuti protokol kesehatan. Semoga perjalananmu menyenangkan di Tol Cipularang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *