Museum Nasional Indonesia

9 Unik Museum Jakarta yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Travel Bandung Jakarta

Siapa bilang berkunjung ke museum Jakarta itu kuno? Jangan salah! Sudah beberapa tahun belakangan ini, wisata ke museum Jakarta jadi hits lho! Lewat museum, kita bakal belajar banyak hal, mulai dari sejarah, seni, hingga perkembangan teknologi. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak spot foto yang aesthetic di sekitar Jabodetabek. Menarik, bukan?

Tambah pengalaman travel Bandung Jakarta dengan berkunjung ke 7 museum yang cukup terkenal di kalangan anak muda. Museum Jakarta di sekitar Jabodetabek, seperti Museum Fatahillah dan Museum MACAN, mempunyai ciri khas dan temanya masing-masing. Ada yang menyimpan prasasti atau peninggalan masa kuno, koleksi wayang, sejarah perjuangan kemerdekaan, dan juga pameran seni. Dan berwisata ke museum di Jakarta itu tidak memakan uang banyak. Museum bahkan bisa dibilang merupakan salah satu objek wisata di Jakarta yang termurah!

Ini dia 7 museum Jakarta yang bisa dikunjungi saat travel Bandung Jakarta dan di sekitar Jabodetabek: 

  • Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah)

Lebih dikenal dengan nama Museum Gajah, museum ini sebenarnya memiliki nama resmi yaitu Museum Nasional Indonesia. Ada banyak artefak dari zaman purba, arca, hasil penggalian arkeologis, dan senjata tradisional. Museum ini sudah berumur sangat tua karena pertama kali dibangun di tahun 1778. 

Cukup mudah untuk bisa datang ke museum Jakarta ini. Dengan alamat di Jalan Medan Merdeka Barat nomor 12, Gambir, naik Transjakarta jadi pilihan paling mudah. Kamu pun bisa langsung turun di halte Transjakarta Museum Nasional Indonesia. HTM museum ini sebesar Rp5.000 per orang. 

  • Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasati memiliki misi “menjadikan koleksi Museum Prasasti sebagai warisan budaya dunia bertaraf internasional dan obyek sejarah”. Pada awalnya museum ini adalah area pemakaman orang Eropa pada tahun 1975, tetapi selanjutnya diresmikan menjadi Museum Prasasti oleh Gubernur DKI Ali Sadikin pada tahun 1977. 

Uniknya dari museum Jakarta ini adalah kamu bisa melihat berbagai koleksi nisan kuno dan ciri khas makam dari 27 provinsi di Indonesia. Museum Taman Prasasti terletak di Jalan Tanah Abang I nomor 1, Gambir. Naik Transjakarta lalu turun di Halte Monas, lalu kamu bisa berjalan kaki sampai museum ini. Untuk dewasa bayar tiket Rp5.000, mahasiswa Rp3.000, dan anak-anak atau pelajar Rp2.000.

  • Museum Fatahillah

Siapa yang tidak tahu dengan Museum Fatahillah? Tempat paling hits di Kota Tua ini sudah banyak dikunjungi orang dari Jabodetabek dan juga luar Pulau Jawa. Wisatawan mancanegara sering datang ke sini juga lho. Dengan koleksi peninggalan sejarah abad 17 sampai abad 19, Museum Fatahillah ini menghadirkan perpaduan khas Eropa, Tiongkok, dan Indonesia. 

Ada beberapa akses untuk ke sini. Yang pertama adalah naik Transjakarta jurusan Harmoni dan turun di Halte Museum Fatahillah. Yang kedua, naik Commuter Line jurusan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Jakarta Kota. HTM Museum Fatahillah berkisar Rp2.000–Rp5.000.

  • Museum Wayang

Masih di sekitar Kota Tua, sebelah kiri Museum Fatahillah terdapat Museum Wayang. Sama seperti namanya, di museum ini menyimpan berbagai koleksi wayang dari Indonesia dan beberapa boneka dari China, India, Kamboja, Malaysia, Prancis, Suriname, Thailand, dan Vietnam. 

HTM orang dewasa sebesar Rp5.000, mahasiswa Rp3.000, dan anak-anak atau pelajar Rp2.000. Cukup terjangkau untuk wisata museum di Jabodetabek.

  • Museum Sumpah Pemuda

Di museum Jabodetabek yang satu ini dipamerkan segala sesuatu yang berhubungan dengan peristiwa Sumpah Pemuda, seperti foto-foto atau benda tertentu. Jika berkunjung ke sini, kita akan merasakan atmosfer seperti di tahun 1928 karena desain museum Jakarta ini tak ada yang berubah sejak pertama kali dibangun. 

Beralamat di Gedung Kramat 106 Jakarta Pusat, kita bisa naik Transjakarta jurusan Senen dan turun di Halte Pal Putih. HTM dewasa Rp2.000, anak-anak Rp1.000, dan turis Rp10.000.

  • Museum MACAN

Museum MACAN adalah kependekan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Jadi bukan hewan macan ya. Meski begitu, terdapat karya seni yang serupa dengan ciri khas macan yang mempunyai kulit kuning dan totol hitam. Di museum MACAN ini dipamerkan berbagai pameran lukisan karya anak bangsa yang bergaya kontemporer. 

Sambil menikmati melihat pameran, tentu saja kita harus berfoto di tempat yang aesthetic ini. Museum MACAN terletak di AKR Tower Level M, Jalan Panjang Nomor 5 Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Naik Transjakarta dan turun di Halte Kebon Jeruk dan jalan kaki sekitar 10 menit, langsung sampai! HTM Museum MACAN sekitar Rp100.000 per orang.  

  • Museum Galeri Nasional

Museum Galeri Nasional atau yang lebih sering disebut “Galnas” ini sudah cukup terkenal di kalangan anak muda sejak tahun 2014. Hampir sama dengan Museum MACAN, Galnas memamerkan berbagai karya seni yang berbeda-beda. Galnas juga selalu menjaga nilai antik dan autentiknya. Galnas sudah sering kedatangan pengunjung dari Jabodetabek, jadi tempat ini wajib dikunjungi juga oleh warga Bandung yang lagi jalan-jalan ke Jakarta.

Karena letaknya di pinggir jalan besar, Museum Galnas sangat mudah ditemukan dengan alamat Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 14, Gambir, Jakarta Pusat. Kamu bisa naik Commuter Line jurusan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Gondangdia, lanjut berjalan kaki sekitar 9 menit. 

Dengan 7 pilihan museum Jakarta di atas, wawasan kamu akan peninggalan sejarah, peristiwa sejarah, hingga kesenian pun akan bertambah. Terlebih lagi, pengalaman travel Bandung Jakarta yang biasa saja akan menjadi sungguh bernilai. Yang perlu dicatat, semua museum biasanya tutup hari Senin dan hari libur nasional. Jadi kamu bisa berkunjung selain hari tersebut. Nah, sekarang, kamu mau ke museum yang mana? 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *