Konsep Tujuan Rute Perjalanan Komputer Kamera Peta

Naik Mobil vs Naik Travel: Menempuh Jarak Bandung Jakarta

Ada apa sih di Jakarta? Ibu kota negara Indonesia ini punya segalanya! Dari sentra bisnis hingga destinasi wisata, semuanya dapat kamu temukan di ibu kota. Makanya, walaupun lagi pandemi, banyak orang dari berbagai kota melakukan perjalanan untuk berbisnis, bekerja, atau berlibur di Jakarta, termasuk dari Bandung yang relatif dekat jaraknya. Apalagi jarak Bandung—Jakarta itu pendek, hanya sekitar 150 hingga 155 kilometer dengan durasi 2,5—3 jam perjalanan dalam kondisi normal. Adanya Tol Cipularang ikut memangkas jarak Bandung—Jakarta sekaligus mempersingkat waktu perjalanan ke Jakarta. Gampang banget jalan dari Bandung ke Jakarta, dengan banyaknya pilihan transportasi: kereta api, bus, travel dan bahkan pesawat terbang! Tapi kalau punya kendaraan seperti mobil pribadi, bisa jadi kamu berpikir menyetir sendiri dari Bandung ke Jakarta itu asyik. Nah sekarang pertanyaannya: mana yang lebih seru, naik mobil pribadi atau naik travel dari Bandung ke Jakarta? Bahas satu-persatu, yuk!

Pertama, kita bahas naik mobil pribadi. Menempuh jarak Bandung—Jakarta dengan kendaraan sendiri tentu memiliki keuntungan. Karena menyetir sendiri atau ada sopir pribadi, kamu dapat berhenti di mana saja sesuka hati. Dari segi waktu, naik mobil pribadi mungkin lebih efisien karena tak harus menunggu. Kamu dapat pergi maupun pulang kapan pun kamu mau. Kamu pun lebih mudah menjangkau tujuanmu secara langsung. Selain itu, privasi kamu juga lebih terjaga, apalagi pada masa pandemi seperti saat ini sehingga memungkinkan kamu hanya sedikit berinteraksi dengan banyak orang atau kerumunan.

Hal yang perlu kamu ingat, naik mobil pribadi juga butuh banyak persiapan. Pastikan stamina dan kondisi badan kamu harus fit, apalagi pada masa pandemi seperti saat ini. Meskipun jaraknya relatif dekat, Bandung—Jakarta merupakan salah satu rute tersibuk sehingga kerap terjadi kemacetan yang bisa saja menguras tenaga dan pikiran. Dari segi biaya, kamu juga harus menyiapkan dan memperhitungkan semuanya dengan baik, seperti uang bensin, uang tol, hingga uang parkir. Jangan lupa, kamu juga perlu mempersiapkan hal-hal tak terduga seperti mobil yang mogok di jalan atau mengalami kerusakan. Kalau tidak dipersiapkan dengan baik, semua keuntungan itu justru bisa menjadi kekurangan! 

Lalu bagaimana dengan naik travel?

Pada masa pandemi seperti sekarang, kita mungkin jadi agak takut berinteraksi dengan banyak orang, termasuk dengan naik kendaraan umum. Apalagi jika kamu sedang terburu-buru dan harus segera sampai tujuan, naik travel bisa memberatkan, karena bisa jadi travel yang kamu kendarai harus mampir ke beberapa titik keberangkatan untuk menjemput penumpang lain dan ini bisa memakan waktu lama. Akibatnya kamu harus menunggu dulu sebelum benar-benar jalan. Belum lagi kalau travel-nya telat berangkat. Aduh, repot deh kalau sudah sampai telat… 

Meskipun demikian, menempuh jarak Bandung—Jakarta dengan travel punya banyak keuntungan dibandingkan naik mobil. Banyak travel yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Setiap unit bus dibatasi kapasitasnya sehingga perjalananmu dijamin lebih aman dan nyaman. Kamu juga dapat lebih menikmati perjalanan karena tidak perlu bersusah-payah menyetir mobil sendiri. Fasilitasnya juga lengkap dan nyaman yang membuatmu serasa naik mobil sendiri. Bahkan, beberapa operator bus dan travel menawarkan sistem antar-jemput sehingga kamu hanya perlu menunggu di rumah atau titik penjemputan. Pada masa pandemi seperti ini, sistem tersebut jelas memudahkan karena kamu tidak perlu antre di kerumunan. Kamu pun tentu lebih aman dari segi kesehatan.

Dari segi biaya, naik travel lebih praktis dan ekonomis. Karena Bandung—Jakarta termasuk rute sibuk, tersedia banyak pilihan operator bus dengan jadwal yang dilayani selama hampir 24 jam. Operator-operator bus ini juga sangat berpengalaman dan dikenal tepat waktu dari segi keberangkatan. Di samping itu, ada banyak pilihan harga tiket bus yang lebih ekonomis melalui pembelian online. Hanya dengan smartphone di tangan, kamu bebas memesan tiket lewat situs atau aplikasi penjualan tiket bus yang tepercaya dan berpengalaman di banyak negara. Harga-harga tiket bus online zaman sekarang pun bagus, karena para operator bus dan travel Bandung Jakarta berlomba-lomba menawarkan promo menarik dan diskon istimewa. Yang praktis, penumpang tidak perlu lagi bayar bensin, tol dan parkir, jadi uangnya bisa disimpan untuk jalan-jalan di jakarta.

Begitulah beberapa pertimbangan tentang naik mobil pribadi dan naik travel untuk menempuh jarak Bandung–Jakarta. Kalau dipikir-pikir, naik travel mungkin sedikit lebih unggul daripada naik mobil. Tapi lagi-lagi mungkin kamu perlu kebebasan yang lebih leluasa untuk traveling. Apapun pilihanmu, yang pasti jalan-jalan travel Bandung Jakarta bakal tetap asyik! Jadi rencanakanlah travelmu dengan baik supaya bisa cepat sampai di Jakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *