Pemandangan Udara Persimpangan Jalan Tol Pasir Koja, Jalan Tol Soroja dan Purbaleunyi, Bandung, Jawa Barat Indonesia, Asia

Tarif Tol Bandung Jakarta dan Lewat Tol Mana yang Paling Cepat?

Setiap harinya, jalur Bandung Jakarta menjadi salah satu rute yang sibuk oleh mobilitas orang. Banyaknya volume orang dan kendaraan yang lalu lalang antara Bandung dan Jakarta membuat dibukanya berbagai akses jalan, terutama jalan tol, untuk mengakomodasi perjalanan orang di antara kedua kota tersebut untuk berbagai keperluan. Tidak peduli kerja atau liburan, berbagai jalan yang menghubungkan Jakarta dan Bandung pasti sibuk… padahal tarif tol Bandung Jakarta atau sebaliknya tidak bisa dibilang murah!

Jarak Bandung dan Jakarta memang cukup dekat, yaitu sekitar 130—135 kilometer. Maka itu jalur Bandung Jakarta atau sebaliknya selalu dipadati kendaraan umum maupun pribadi sehingga kerap kali terjadi kemacetan. Tingkat kemacetan ini bertambah saat akhir pekan seperti hari Minggu sore hingga malam. Bahkan, kemacetan jalur Bandung Jakarta makin parah saat tiba arus balik cuti bersama seperti Idul Fitri atau Lebaran. Padahal, jarak Bandung dan Jakarta dapat ditempuh dalam 2—3 jam perjalanan saja dalam kondisi normal via tol Cipularang. Lagi-lagi, jika kita ingin melakukan travel Bandung Jakarta atau sebaliknya, tarif tol Bandung Jakarta atau Jakarta Bandung patut diperhitungkan juga ke dalam biaya perjalanan. 

Ambil Jalan Tol Cipularang sebagai contohnya. Sejak diresmikan pada April 2005, Jalan Tol Cipularang menjadi jalur utama perlintasan rute Bandung—Jakarta. Jalan tol ini merupakan sambungan dari Jalan Tol Purbaleunyi di Bandung menuju Jalan Tol Japek atau Jakarta—Cikampek yang mengarah ke Jakarta, Jalan Tol Cipularang dibangun di atas lokasi pegunungan sehingga jalannya naik-turun. Selain itu, Tol Cipularang memiliki beberapa jembatan tinggi yang indah seperti Cisomang dan Cikubang yang menghubungkan dua gunung. Karena letaknya yang strategis dan ramai dilintasi kendaraan, tak heran jika tarif tol Bandung Jakarta ini  hampir selalu mengalami kenaikan setiap tahun. 

Pada 2020, misalnya, total tarif tol Bandung Jakarta yang harus dibayar sebesar Rp63.500, dengan rincian Tol Padaleunyi Rp9.000, Tol Cipularang Rp39.500, dan Tol Jakarta—Cikampek sebesar Rp15.000. Namun, tarif tol Bandung Jakarta ini naik menjadi Rp72.500 per Januari 2021. Jumlah ini terdiri atas Tol Padaleunyi Rp10.000, Cipularang Rp42.500, dan Jakarta—Cikampek sebesar Rp20.000 sehingga total Rp72.500 untuk satu kali perjalanan.

Jika menurut kamu tarif tol Bandung Jakarta via Cipularang ini masih mahal dan jalannya macet, kamu masih bisa pergi ke Bandung atau Jakarta melalui rute lain, yaitu rute Padalarang—Puncak—Tol Jagorawi. Sebelum adanya Jalan Tol Cipularang, rute Bandung—Jakarta via Padalarang mengarah ke Puncak ini menjadi favorit warga Bandung yang hendak bepergian ke Jakarta. Dari Bandung, perjalanan dimulai di Gerbang Tol Cileunyi dan keluar di Gerbang Tol Padalarang Timur menuju Padalarang. lalu Cianjur yang memiliki banyak turunan dan belokan. Perjalanan berlanjut di jalur Puncak yang terkenal sebagai kawasan wisata pegunungan, sebelum keluar di Ciawi ke Tol Jagorawi menuju Jakarta.

Keunggulannya jika kamu ke Jakarta lewat Padalarang—Puncak—Tol Jagorawi ini adalah kamu akan dimanjakan oleh banyak pemandangan indah berupa hijaunya pegunungan serta hamparan perkebunan teh yang menyejukkan mata. Selain itu, banyak tempat wisata di jalur ini seperti Taman Matahari, Perkebunan Teh Gunung Mas, dan Taman Safari Indonesia. Tidak ada salahnya kalau sebelum kamu tiba di Jakarta, kamu singgah dulu ke salah satu tempat ini dan menikmati kesegaran alam Jawa Barat yang cantik. Sayangnya, pada akhir pekan tingkat kemacetannya tinggi. Lalu ada juga pemberlakuan sistem satu arah (one way) pada jam-jam tertentu di akhir pekan atau libur panjang. Perjalanan Bandung—Jakarta via jalur ini biasanya memakan waktu 5 jam, tetapi dapat menjadi 7 hingga 8 jam akibat kemacetan.

Selain jalur Tol Jagorawi via Puncak, rute Bandung—Jakarta juga bisa ditempuh melalui jalur Padalarang via Ciranjang, Jonggol, lalu mengarah lurus ke Cibubur hingga Tol Jagorawi. Jalur ini biasanya dipilih untuk menghindari kemacetan di Tol Purbaleunyi dan Puncak. Dalam kondisi normal, perjalanan melalui jalur ini memakan waktu 4 jam.

Adanya Tol Cipali yang menghubungkan Jakarta dan Cikampek dengan Cirebon juga membuka jalur alternatif Bandung—Jakarta. Jalur via Tol Cipali ini ditempuh jika kamu dari kawasan Bandung utara seperti Lembang, Dago, atau Maribaya. Dari Bandung, kamu akan melintasi pemandangan indah berupa deretan hutan pinus, perkebunan karet, dan perkebunan teh sebelum memasuki kota Subang menuju Tol Cipali arah Jakarta. Selanjutnya, perjalanan mengarah ke Tol Cikampek hingga keluar di Gerbang Cawang sebagai pintu masuk Jakarta.

Walaupun sebenarnya tarif tol Bandung Jakarta itu tidak banyak bedanya dari satu rute dengan rute yang lain, memang ada rute-rute yang lebih sering dipilih oleh jenis kendaraan tertentu. Jalur Bandung–Jakarta  via Tol Cipali, misalnya, menjadi rute yang paling banyak dilintasi transportasi umum, khususnya bus dan shuttle bus atau travel. Jalur yang mudah diakses dan waktu tempuh yang singkat, yaitu sekitar 2,5 jam sampai maksimal 4 jam perjalanan saja, menjadi alasan utama banyaknya bus dan travel melintasi di sini. Selain itu, jalur ini juga memiliki banyak rest area serta pemandangan indah karena dibangun di atas pegunungan. Tak heran, banyak operator bus berlomba-lomba menawarkan promo menarik untuk harga tiket bus online, memperbanyak jadwal keberangkatan, hingga mempercantik fasilitas busnya agar perjalanan makin nyaman. Yang penting, semua operator travel Bandung Jakarta tidak menambahkan biaya tol kepada tiket bus online yang sudah kita beli karena semua sudah masuk harga tiket bus online!

Sekarang sudah tahu, kan, informasi tentang jalan tolnya. Berikutnya, kamu harus segera pesan tiket dan merencanakan jalan-jalan Bandung Jakarta segera. Yuk, pergi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *